06 Februari 2008

Perbankan Syariah

Perbankan Syariah
Penulis: Latifa M. Algauod / Mervyn K. Lewis
Perbankan syariah semakin memikat. Ia telah menjadi bagian penting dari perbankan global. Buku ini hadir pada saat yang tepat dan ditulis dengan cermat.
Mervyn dan Lativa mengupas pelarangan bunga (riba) menurut doktrin ekonomi Islam dan berbagai implikasi larangan ini terhadap karakter intermediasi keuangan dan struktur-struktur tata-kelola dalam sistem keuangan Islam. Analisis ini dilatari teori-teori modern tentang intermediasi keuangan yang menyangkut biaya transaksi, problem informasi, dan rancangan kontrak-kontrak dengan insentif yang sesuai.
Selanjutnya kita diajak untuk mengenal cara kerja bank-bank Islam, baik dalam sistem yang murni maupun campuran, baik struktur hukum dan kelembagaannya maupun berbagai problem yang dihadapinya ketika mempraktikkan teori perbankan Islam.
Karya "kolaborasi Timur dan Barat" ini juga menunjukkan bahwa sesungguhnya Islam bukanlah satu-satunya agama yang melarang bunga. Kristen, khususnya, melarang keras pemungutan bunga selama lebih dari 1.400 tahun. Apa yang menjadi rujukan umat Kristen atas pelarangannya dan bagaimana pemberlakuannya? Mengapa Islam berhasil mempertahankannya sementara Kristen gagal?

Pujian Pada Buku Ini:

"Buku ini berbicara tentang perbankan Islam dengan sangat terperinci, meliputi teori maupun praktiknya, sehingga mudah dan menarik untuk dibaca. Konsep-konsep yang sulit, dijelaskan dengan gamblang tanpa memenuhi naskah dengan perhitungan matematika seperti yang dilakukan oleh banyak buku lainnya dewasa ini. Bagi Anda yang haus akan pengetahuan luas tentang perbankan syariah, buku ini menyediakan semua yang Anda butuhkan"
John R. Presley, Loughborough University , Inggris
"Prof. Mervyn Lewis adalah ahli perbankan dan keuangan (Barat) yang sangat dihormati, dan Latifa Algaoud adalah pejabat senior di Bahrain yang memiliki pengetahuan mendalam tentang lembaga-lembaga perbankan Islam. Keduanya mempersembahkan penilaian terhadap perbankan Islam dari perspektif Timur maupun Barat yang sangat mudah dipahami. Sejarah dan prinsip-prinsip perbankan syariah, berikut posisi dan keadaannya saat ini, dipaparkan dengan jelas."
Charles Goodhart, London School of Economics , Inggris

LINK:
Perbankan Syariah
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Taktik Untuk Bisnis

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda